A Multihomed-Host in Computer Networks(Thesis part 1)

May 29, 2010

Multihomed host is a host which has more than one network interface. err.. saya khawatir jika saya lanjutkan dalam bahasa inggris tidak ada yang komentar, jadi dalam Bahasa Indonesia saja.
sebenarnya saya ingin mengurangi tulisan tentang IT, saya lebih suka tentang sains terapan lainnya, astrofisika, atau tentang tanaman dan hewan. tapi ga apalah, ini lah yang saya kerjakan dalam thesis.
host adalah suatu komputer, alat atau device yang mempunyai fungsi tertentu yang terhubung ke jaringan komputer.
ok, lets Rock!!
Multihomed host adalah host yang mempunyai lebih dari satu koneksi / sambungan ke jaringan komputer. tujuaanya tentu saja memperbesar jumlah data yang bisa diakses. misalkan ada sebuah host, dia terhubung ke kabel tembaga UTP(Unshielded Twisted Pair) yang mempunyai kapasitas maksimum 100Mbps disisi lain kabel tembaga tersebut hanya menghubungkan jaringan dalam satu gedung tapi antar gedung dihubungkan optik 1Gbps misalnya. sebenarnya si host tadi bisa mengirim 1Gbps namun karena bottleneck yang diciptakan oleh kabel UTP hanya 100Mbps maka tentu si host tadi mentok hanya bisa mengirim 100Mbps. misalkan si host tadi terhubung lewat Wifi 11Mbps maka sebesar itu pulalah dia bisa mengirim data.
misalkan si host tadi mempunyai 2 buah interface, misalnya dia punya lebih dari satu LAN(Local Area network) card yang terhubung masing-masing ke UTP 100Mbps maka kita bisa membagi data menjadi 2 dan kita kirim masing masing ke 2 koneksi tadi dengan total 200Mbps. jika kita punya 3 LAN card kita juga bisa mengirim total 300Mbps dan seterusnya hingga total maksimum 1Gbps, jika lebih dari itu gantian optik 1Gbps nya lah yang menjadi bottleneck. bagaimana jika kita menambah 1 buah 1Gbps optik lagi? bisa, tapi akan menjadi topik penelitian baru yang diluar thesis saya yaitu dengan membagi resource nantinya.
balik ke multihomed tadi, misalnya dalam satu gedung ada 11 host, yang satu multihome dengan 10 koneksi UTP masing2 100Mbps sehingga total 1Gbps dan 10 lainnya host biasa dengan 100Mbps, semua host tersebut ingin mengirim ke data ke gedung yang lain dengan koneksi antar gedung 1Gbps sehingga total trafik dari semua host dengan total 20 koneksi adalah 2Gbps. apa yang terjadi? tiap koneksi akan mendapatkan jatah host 1 dengan 10 koneksi akan mendapatkan total 500Mbps(10 koneksi x 50Mbps) dan host yang lain akan mendapatkan masing 50Mbps. Artinya host 1 mendapatkan 10 kali jatah host lainnya.
nah, inilah yang menjadi masalah yaitu fairness. tujuannya adalah saya memodifikasi layer 4 pada congestion control pada Transmission Layer Protocol(TCP) sehingga misal tadi ada 11 host, maka masing-masing host mendapatkan 1Gbps/11=90,9Mbps misal ada 20 host maka masing masing akan mendapatkan 1Gbps/20=50Mbps walaupun ada salah satu host yang multihomed. tema ini sudah di angkat oleh michio honda untuk kasus TCP reno pada wireline.
pada thesis saya akan mengambil kasus yang berbeda yaitu untuk wireless dengan TCP westwood+.
bagaimana caranya? tunggu post berikutnya.
super saiyan

2 Responses to “A Multihomed-Host in Computer Networks(Thesis part 1)”

  1. kem Says:

    ahaha…

    om yang satu ini emang ga kehabisan topik ilmu pengetahuan… hmm… jadi penegen nulis juga nih tentang science and technology,,

    selama ini cuma nulis tentang gerakan sepeda doang.. xixixi,,

    sukses buat thesisnya om!!

  2. hilalnuha Says:

    amiin…
    sebenarnya thesis sudah selesai..
    tapi masih kurang rasanya…
    karena cuma simulasi, pengeinnya di implementasikan jg…tapi butuh effort tambahan..
    aku sih yg penting nulis..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: