Ph.D or CCNA? Practicioner or Theorist?

August 18, 2010

sambil menyelesaikan presentasi untuk tesis…
jika ada pertanyaan, pilih mana menjadi Ph.D atau CCNA/CCNP/CCIE? maka tentu jawaban saya adalah menjadi Ph.D. Entah sejak kapan saya menjadi fundamentalis. Sejarah saya belajar komputer adalah sejak kelas 1 SMA ketika ada senior maniak komputer yang mengajari cara membuat web, tahun kedua saya ikut olimpiade komputer dan melaju sampai tingkat provinsi(pengalaman yang asyik, pertama kali diperlakukan seperti raja, kapan2 aku ceritakan), hehehe prestasi yang lumayan untuk orang yang belajar komputer tanpa komputer, walaupun sebenarnya basic kemampuan saya adalah matematika.

Danau Moraine di Pegunungan Rocky

Danau Moraine di Pegunungan Rocky


mungkin ini yang membawa saya menjadi fundamentalis. kata Galileo, matematika adalah bahasa Tuhan dalam merangkai alam semesta. hmm, wallahua’alam, tapi pernah baca buku Electromagnetics nya W. Hayt, yang mengatakan bahwa vektor atau kalkulus itu sendiri bukan berarti ilmu pasti yang “lahir” ketika alam ini dibuat, tetapi merupakan konsensus dan kumpulan aturan2 buatan manusia, jadi matematika sebenarnya tidak berbeda jauh dari ilmu hukum dan humaniora lainnya.

ok, kembali ke tentang praktisi dan teoris. Setelah belajar pemrograman web(html) dan pascal saya jadi berkesimpulan bahwa semua aplikasi komputer bisa dibuat dari kumpulan kode. sejak dahulu saya sangat penasaran dengan hal ini, semua aplikasi di komputer pun coba saya buka dengan note pad untuk melihat source code nya, namun tidak berhasil hihihi T_T yang keluar hanyalah kotak-kotak dan simbol ga jelas.
setelah puas ngoprek pascal dan web, sya jadi penasaran, apakah semudah ini membuat sebuah aplikasi? aku pun ingin tertarik belajar cara membuat bahasa pemrogaman, akhirnya sampai pada bahasa yang paling dekat dengan biner yaitu bahasa assembly. ternyata, bahasa assembly sangat tergantung pada jenis arsitektur komputer(klo di informatika ada MIPS kalo di TE ada 8088). jadi penasaran cara buat mikroporesor, sampai lah pada ilmu teknik digital dan elektronika digital, lumayan tercerahkan bagaimana semikonduktor bekerja. Puas rasanya, tapi belum puas karena belum bisa buat prosesor sendiri, konon untuk membuat chip LS74xx yang sangat sederhana yang fungsinya hanya sekdar not, and , or ternyata membutuhkan teknologi miliaran, apalagi buat mikroprosesor kata teman selisih teknologi kita 20 tahun, sadar, betapa ketinggalan jauh negeri ini. negara2 seprti korea dan jepang yang maju dibidang semikonduktor, tidak lah tercipta tiba2 tapi sudah dimulai sejak 1970an.
kadang ada orang bangga bisa nyetting jaringan atau coding java, c, compile kernel, atau sejenisnya. memang hebat, tapi bagi saya itu tidak jauh dari orang yang sudah diberi alat lalu dia harus mengknfigurasi alat tersebut. kalau saya, saya lebih suka untuk membuat alat. jadi analogi antara Ph.D dan CCNA adalah, jika CCNA dia bisa menggunakan router, sedangkan Ph.D dia bisa membuat router dari bahan yang sangat dasar walaupun dia juga butuh alat2 yang canggih juga. hahaha…
kebanyakan, praktisi2 terkenal di indonesia seperti Pak Romi dan pak Onno, mereka adalah Ph.D luar negeri yang mempunyai kemempuan fundamental yang bagus dan kemampuan praktis yang bagus pula. kebanyakan juga arsitek-arsitek router di Cisco adalah para Ph.D. ketika pak fazmah bertanya kenapa kamu ingin kuliah banyak? jawaban saya, saya ingin menguasai 5 layer dari fisik hingga aplikasi😀. tapi tentu saja ini bukanlah hal yang gampang.
adalah sebuah kesalahan, ketika orang ingin mencari kerja dia membuat TA dengan NS2, opnet, atau matlab, karena alat2 simulator tersbut hanyalah untuk komputasi, sehingga ketika lulus dia memang tahu fundamental suatu konsep tanpa tahu praktisnya. jadi sbuah saran, kalo lulus ingin mudah dapat kerja buatlah TA yang praktis implementasi, seperti buat antenna, implementasi model jaringan, dan sebagainya.
kadang2 ada juga orang yang menganggap aku ini hanya teoris, hmm, mau nyoba kemampuan praktis saya?

tapi semua di dunia ini berpotensi menjadi hawa nafsu, termasuk ilmu dunia…

One Response to “Ph.D or CCNA? Practicioner or Theorist?”

  1. Nina Says:

    Apa hubungannya gambar Morraine Lake dengan tulisan ini?


Leave a Reply

